Friday, February 19, 2016

Your Bad Perspective about Love

"Ah, cinta mah nyakitin."
"Cinta itu complicated. Ribet deh pokoknya"
"Cinta mah bullshit"
"Gue males pacaran, takut disakitin."
"Semua cowo di dunia ini sama aja sama aja. Kalo gak bangsat ya homo"

Sering gak sih denger temen kalian ngomong kayak gitu? Atau bahkan kalian sendiri yang punya statement kayak gitu? Kalau kalian masih berpikiran close-minded kayak gitu, you have to try thinking a thing from different perspective. Or if you have friends who still think like that, you have to be his own hero who can tell them otherwise!

By the way, aku nulis ini bukan atas dasar aku punya pacar terus aku bahagia. No, i just want to make people figure it out what's the true meaning of love. Aku ingin orang mikir kalo gak semua cinta bakal berujung dengan kesedihan, lalu kamu bakal terus-terusan galau mikirin orang yang kamu sayang, atau mungkin kamu punya pemikiran bahwa "Guys are the same, they just have different names."

Actually, I don't have a boyfriend until now, not because i have bad thoughts about love, kok. Gak memungkiri juga kalau aku pernah disakitin sama cowok, bukan pernah lagi bahkan sering. Aku sering ngerasa galau atau desperate karena cinta. Bahkan  sejujurnya aku pernah mikir buruk tentang cinta kayak kutipan yang ada di atas, Tapi akhirnya i grow old. Aku sadar bahwa sebenarnya sesuatu itu tergantung dari sugesti atau pemikiran kita sendiri. Believe it or not, kalau kamu sugesti buruk tentang suatu hal, sooner or later sesuatu itu akan terjadi, but if you think postive about something, everything's good will come to you. 


Hal yang aku perlu lurusin dari semua statement buruk kalian tentang cinta,

1. Love is never complicated. People are. Ingat ya, cinta gak pernah rumit. Oranglah yang membuat semuanya menjadi rumit. Misalnya, kalian lagi bad mood tuh, pas banget pacar kalian itu lagi sibuk, dia gak ngabarin kalian, terus kalian malah memancing emosi pacar kalian dengan marah-marah karena gak ngabarin, atau negatif thinking cowok itu lagi sama cewek lain, dan pikiran lainnya yang bikin pasangan kalian jadi kesel, apalagi kalau dia lagi sibuk, jadinya dia merasa terganggu oleh kejengkelan kalian yang gak jelas itu. Ujung-ujungnya apa? Berantem kan? Mikirin ego masing-masing kan? Saling menyalahkan satu sama lain kan? dan dari pertengkaran itu bisa menjadi awal dari akhirnya sebuah hubungan. Coba kalo kalian sendiri gak ribet, kalau dari awal kalian ngedukung apapun yang dia lakukan asal itu positif. Di sela kesibukannya, pasti kan si cowok mikir kalau "Oh ya nih, cewek gue nyemangatin gue tadi. Gue harus bener-bener ah." Iya atau iya?

2. Love doesn't always hurt, you just gotta find a right person to love and treat you gently. Nah, ini kalimat pas banget buat menepis omongan orang yang bilang cinta itu nyakitin. Ingat, cinta itu gak akan nyakitin ketika kalian bersama dengan orang yang tepat. Orang yang emang benar-benar punya komitmen untuk peduli sama kalian, rela berjuang demi kalian, gak akan mengeluarkan sepatah katapun yang bakal nyakitin kalian, ataupun ngelakuin suatu hal yang bikin kalian sedih atau gelisah. Tapi gak memungkiri juga ya, sesayang apapun kita sama orang lain pasti akan ada sesuatu yang kita lakukan atau sesuatu yang kita bicarakan itu akan menyakiti hati orang itu, itu terjadi secara alamiah yang kadang kita aja suka gak tau kesalahan kita dimana terus dia tiba-tiba sedih, marah-marah, ataupun nangis. Pernah kan ngerasa kayak gitu? Konteks 'hurt' disini itu bukan menyakiti yang terjadi secara alamiah, tapi yang emang karena disengaja. Contohnya aja cheating. Siapa sih yang gak sakit kalo diselingkuhin, atau bahkan tau kalau dia abis pergi atau jalan sama yang lain? Sepandai-pandainya kalian bilang "I'm okay" pasti ada rasa sakit yang kalian pendem. Right? Kalau misalnya kalian sekarang lagi ada di posisi terburuk dimana ngerasain apa yang aku sebutkan tadi, kalian harus mikir bahwa gak selama kalian kayak gini, gak selamanya kalian galau, ingat aja

"Dulu gue pernah kayak gini kok, bahkan lebih parah. Akhirnya semua bisa gue lewatin, dan gue biasa aja sampe sekarang."

Kalian tanamin kata-kata itu dibenak kalian. Let him go. Karena menurut aku, kesalahan cowok karena sesuatu yang terjadi secara alamiah itu masih bisa dimaafkan, kecuali kalo kalian itu diduain. Menurut pendapatku kalau cowok yang bukan jadiin kita satu-satunya itu gak mature enough, apalagi kalau kalian sampe dewasa atau bahkan ke jenjang yang lebih serius. Manusia biasa pasti punya peluang untuk melakukan kesalahan lagi.

Nah itu, intinya adalah orang yang tepat. Kadang orang terlalu gampang menilai kalau orang itu orang yang tepat, karena apa, pasti pas dia berpikir seperti itu dia sedang bahagia alias lagi manis-manisnya, Terkadang juga orang terlau terburu-buru sama cinta, gak bisa sendiri lama-lama, dan akhirnya........ Guys! You don't need to be rush on love. Semakin sabar kalian menunggu, pasti kamu akan mendapatkan yang benar-benar worth it. Tuhan kan suka orang yang sabar. Sambil menunggu, kalian bisa perbaiki diri kalian, mendewasakan diri kalian, atau melakukan hal positif yang banyak benefitnya.

3. You want love but don't want to be hurt? Sama aja kayak kamu sedang kepanasan, butuh air buat menyegarkan badan, tapi takut berenang, akhirnya cuma bisa berharap supaya kecipratan air. Paham maksudnya?
Ingat guys, you will never know if you never try. Gimana kalian bisa tau lelaki yang baik kalau kalian gak pernah punya pengalaman dengan lelaki yang buruk? Dari film-film? Atau dari kisah cinta teman kalian sendiri? Guys, over 7 million people in this world, mereka punya cerita cinta yang berbeda. Ada yang romantis, happy ending, sad ending akhirnya menemukan seseorang yang bisa bikin dia merasakan happy ending, dan masih banyak lainnya. Tapi ingat ya, maksud aku disini it doesnt mean setiap cowok yang confess his feeling to you kalian harus terima gitu aja. You have to be smart enough to choose a good guy. Pokoknya, please be open minded about my statement.

4. Masih ada cowok baik yang tersembunyi, yang memang Tuhan telah ciptakan untuk kalian di dunia ini.
So, stop thinking kalau semua cowok itu sama aja. Kalian hanya belum menemukan orang yang tepat. Btw, sebenernya sih point ke 4 ini aku khusukan buat yang emang sudah serius atau maksudnya bakal jadi jodoh kalian ya, bukan pacar. Kalau kalian ingin dapat cowok yang seperti khayalan kalian, intinya yang baik-baik, coba buat rubah diri kalian tersebut menjadi lebih baik, kalian harus intropeksi kelemahan kalian, satu persatu kalian bisa jadiin itu kelebihan that you create by yourself. Intinya itu, kalau kalian sibuk buat perbaiki diri, kalian akan dapat yang baik pula. Wanita yang baik diciptakan untuk pria yang baik, dan sebaliknya. Emang bisa ya seorang pengemis nikah sama anak raja? Seorang ratu menikah dengan gelandangan? Iya bisa kalau di film-film, but please berpikir realistis. Welcome to the real world. Love is not fantasy.  Sebenernya, sama aja kayak usaha dan hasil. Usaha dan hasil selalu berbanding lurus. Kalau kalian gigih buat melakukan perubahan pada diri kalian ke arah yang lebih baik, pasti kalian akan mendapatkan yang baik pula.

Nah, ada 4 point dari pandangan aku sendiri untuk meluruskan persepsi buruk kalian tentang cinta. Cinta gak selamanya buruk ya. Jadi kalian jangan terlalu mudah untuk menili sesuatu langsung overall-nya. Good luck of finding the right one.

With love.


No comments:

Post a Comment